27.10.10

transformasi kata baku

bahasa indonesia sudah digunakan sebagai bahasa pengantar dalam berkomunikasi di bumi nusantara jauh sebelum masa kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia, dan dikukuhkan sebagai bahasa dari bangsa indonesia dengan peristiwa sumpah pemuda.

bahasa indonesia biasa digunakan di tempat manapun tetapi tata cara dan susunan dalam mengunakan bahsa indonesia yang berbeda seperti perbedaaan penggunaan bahsa indonesia di sekolah, kantor, ruang sidang, ruang rapat, dan pasar.

bahasa indonesia pada saat ini sudah mengalami banyak perubahan dalam arti bertambah, berkurang, dan benar-benar berubah. yang dimaksud bengan bertambah adalah banyak kata-kata serapan dari bahasa asing seperti ;pragmatisme,incumbent, invitasi, transformasi, dan banyak yang lainnya. dan ayang dimaksud dengan pengurangan adalah kata-kata baku dalam bahasa indonesia yang sudah jarang digunakan baik dalam percakapan maupun tulisan. sedangkan yang dimaksud dengan perubahan adalah perubahan kata-kata baku menjadi kata-kata yang dimodifikasi sesuai kebutuhan, dan hal inilah yang menjadi konsentrasi kita dalam blog ini.

beberapa kata pada saat ini banyak mgengalami penyingkatan seperti pada bahasa yang digunakan dipasar, contohnyaorang hanya perlu menyebutkan "dua kilogram" kepada pedangan untuk memperoleh barang yang dimaksud dengan berat 2kg, senada juga halnya dengan bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi menggunakan sms(short massage service) atau pesan singkat dengan menggunakan fasilitas telpon genggam, contohnya
aku:aq
kamu:km
kita;qt
makan siang:maksi
ada juga beberapa kata mengalami perubahan yang aneh dan tabu bila diucapkan dan dituliskan seperti
aku:aqiu
yang:iank
manis:maniezt
tapi hal iotu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar